27.9 C
Bengkulu
Sabtu, 2 Maret, 2024
More

    Festival Bhumi Belirang 2023

    - Adv Top Banner -spot_img

    Festival Bhumi Belirang Rejang Lebong 2023, Sabtu (25/11).

    REJANG LEBONG – Bupati Rejang Lebong, Drs. Syamsul Effendi, MM membuka rangkaian Festival Bhumi Belirang di Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi. Upacara pembukaan dilaksanakan pukul 09.40 WIB, Sabtu, (25/11).

    Prosesi pembukaan festival yang digelar di halaman SDN 122 Belitar ini ditandai dengan pemukulan lesung yang dilakukan bupati dan istri. Serta diikuti Dandim 0409, Letkol.Inf. Renaldy, anggota DPR-RI, HM Soleh, Asisten II Setdakab Dr.Asli Samin, Staf Ahli Bupati Amrul Eby, AKBP, Sosianta dari Polda Bengkulu, Kadispora Novrianto dan Sekdis Pariwisata, Jimmy Ramon. Serta 2 anggota dewan, Herizal dari DPRD Prov dan Hidayatullah dari DPRD Rejang Lebong.

    Rangkaian pembukaan festival ini juga disaksikan beberapa pejabat dinas instansi jajaran Pemkab Rejang. Seperti Dinas Kominfo, Dinas Pariwisata, para camat dan Kapolsek Sindang Kelingi, Iptu.M.Dodi M.

    Lalu disusul dengan pertunjukan tari kolosal The Wonderful of Belirang. Tari ini menceritakan kisah perjuangan para sesepuh saat membuka hutan untuk lahan pertanian dan lahan permukiman Desa Belitar Seberang tahun 1932 lalu. Pelaksaan babat alas itu mendapat banyak rintangan dan gangguan.Mulai dari serangan binatang buas hingga ganguan raksasa atau buto. Namun, seluruh rintagan dapat diatasi.

    Tak hanya itu. Bupati dan undangan lainnya diberikan kesempatan untuk mengambil aneka buah dan sayuran hasil panen di gunungan besar yang disiapkan. Kendati hujan mulai turun, panen gunungan tetap berjalan meriah.

    ‘’Alhamdulillah, hari ini kita bisa menghadiri Festival Bhumi Belirang di Desa Belitar Seberang. Rejang Lebong memang memiliki kekayaan alam yang fantastis. Selain indah tanahnya juga subur,’’ kata bupati mengawali sambutannya.

    Dikatakan bupati, Desa Belitar Seberang berhasil masuk 50 besar destinasi wisata nasional. Sehingga festival ini dapat dijadikan sebagai agenda tetap kepariwisataan.

    ’’Saya juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya Festival Bhumi Belirang ini. Diharapkan event ini dapat terus berlanjut. Dan saya juga memberi acungan jempol kepada seluruh pihak penyelenggara festival ini,’’ ujarnya.

    Sementara itu anggota DPR-RI, HM Soleh, SE mengaku berbangga hati menyaksikan Festival Bhumi Belirang. ‘’Kita patut berbangga, karena Desa Belitar Seberang masuk 50 besar destinasi wisata nasional. Alamnya indah, masyarakatnya guyup dan pemudanya kreatif,’’ kata Soleh.

    Soleh selaku pembina Ikatan Kuda Kepang Rejang Lebong, akan menghadirkan kelompok kuda kepang dari desa lain untuk memeriahkan Festival Bhumi Belirang.

    ‘’Desa Belitar Seberang ini bukan hanya didukung alam yang indah. Tapi juga dukung budaya dan produk UMKM seperti gula aren organik. Sehingga pengembangan pariwisata ini juga berefek bagi perkembangan ekonomi masyarakat,’’ jelas Soleh.

    Sedangkan ketua panitia pelaksana Festival Bhumi Belirang, Hendri Hendika, menjelaskan rangkaian kegiatan festival. ‘’Hari pembukaan festival dengan menampilkan tari kolosal The Wonderful dan pameran pasar arenan. Plus karnaval buto keliling desa. Besok kita akan menggelar jelajah bhumi belirang dengan rute sepanjang 10 KM. Start di lokasi air terjun Tri Sakti dan finish di Air Tri Sakti. Para peserta akan melakukan camping atau bermalam di lokasi. Serta diwarnai dengan kegiatan api unggun dan pembacaan puisi alam. Juara I, II dan III akan diberikan hadiah. Tiap regu peserta diperkuat 3 orang,’’ demikian Hendri.

    - Adv Top Banner -spot_img
    - Iklan -spot_img
    Berita terbaru
    - Iklan -spot_img
    - Iklan -spot_img
    - Iklan -spot_img
    - Iklan -spot_img
    Related news

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini