27.9 C
Bengkulu
Sabtu, 2 Maret, 2024
More

    Pemdes Tanah Harapan Geber Pembangunan Fisik Serta Ketahanan Pangan Tahap III

    - Adv Top Banner -spot_img

    Pemdes Tanah Harapan geber pembangunan fisik, Kamis (30/11). Foto (Rangga Pramana)

    MUKOMUKO – Upaya percepatan dalam penyerapan dan realisasi dana desa (DD) TA 2023, terus dipacu oleh Pemdes Tanah Harapan, Kecamatan Kota Mukomuko. Konkretnya, pada serapan DD tahap III TA 2023, ini Pemdes Tanah Harapan sudah merealisasikan beberapa program kerja yang telah menjadi lokusnya pada agenda APBDes.

    Beberapa agenda program kerja yang mulai direalisasikan diantaranya pembangunan fisik berupa jalan sentral produksi (JSP) pengoralan jalan.

    Program ketahanan pangan yang di lokuskan dalam bentuk hewani dan nabati sebanyak 3 kelompok berjumlah 3.000 ekor puyuh bertelur.

    Hari ini seluruh kegiatan tahap III tersebut sudah di realisasikan, untuk pembangunan pengoralan JSP sudah memasuki tahapan finishing,” jelas Kades Tanah Harapan, Bujarman. Kamis (30/11).

    Diakui Bujarman, selain fokus terhadap pembangunan fisik dalam bentuk peningkatan jalan sentral produksi desa. Pada TA 2023, ini pihaknya juga telah berusaha maksimal untuk memberikan dukungan terhadap program ketahanan pangan desa melalui kegiatan budidaya puyuh bertelur.

    Konkretnya, 20 persen anggaran DD telah dikucurkan oleh desa untuk budidaya puyuh bertelur dan membangun akses jalan menuju lahan pertanian sepanjang 645 meter, terletak di wilayah Nago Ilir dusun 2, dengan lebar pengoralan jalan 3 meter dengan ketebalan 15 centimeter.

    Ada 3 kelompok yang menerima untuk budidaya puyuh bertelur, melalui program ketahanan pangan tahun ini. Secara teknis, budidaya puyuh bertelur tersebut akan dikelola langsung kelompok masyarakat. Selanjutnya hasil dari budidaya puyuh bertelur itu kita targetkan bisa produksi dalam tempo yang tidak terlalu lama dan dapat mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Tanah Harapan,” pungkas Bujarman. (adv/oye)

    - Adv Top Banner -spot_img
    - Iklan -spot_img
    Berita terbaru
    - Iklan -spot_img
    - Iklan -spot_img
    - Iklan -spot_img
    - Iklan -spot_img
    Related news

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini